Melalui kebiasaan dari langkah-langkah tersebut siswa dapat mengikuti kegiatan upacara hari Senin dengan sangat khidmat, siswa dapat meresapi dan menanamkan nilai nasionalisme serta disiplin dalam hal apapun dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sejalan dengan penelitian Wulandari (2013), yang menunjukkan bahwa (1) lagu perjuangan Indonesia ciptaan C. Simanjuntak dalam perspektif hermeneukita mengandung nilai nasionalisme dan patriotisme, (2) nilai nasionalisme dalam wujud keinginan membela negara dengan perjuangan para pahlawan membela bangsa didasari oleh keinginan yang kuat dengan mewujudkan persatuan, (3) nilai nasionalisme dalam wujud rasa loyal atau kesetiaan-kesetiaan terhadap negara harus dilakukan dengan sepenuh hati dan tidak dibatasi oleh waktu, (4) nilai nasionalisme dalam wujud rasa hormat dapat dilakukan dengan menghormati keindahan, saling toleransi, dan menghargai negara. Dapat dipahami bahwa melalui kegiatan-kegiatan upacara bendera hari Senin seperti penyanyi lagu Indonesia Raya dan Hening Cipta.